Cara Membuka File Ecxel Dengan Fitur Makro Aktif yang Diproteksi (Terblokir)

ilustrasi file yang terblokir


Pernahkan kamu menemukan file dalam format excel yang tidak bisa dibuka karena mengandung makro atau kode dalam file tersebut sehingga terblokir?

Hal tersebut sangat membuat bingung karena tidak tahu harus apa yang dilakukan. Begitu juga pengalaman saya beberapa waktu lalu. Dapat kiriman Whatsapp dari istri di jam kerja, menanyakan file excel yang tidak bisa dibuka. Saya minta filenya. Setelah saya buka ternyata diblok oleh microsoft karena mengandung kode macro yang berpotensi berbahaya. Saya klik menu Learn More pada  pesan peringatannya mengarah ke link support microsoft, https://support.microsoft.com/id-id/topic/makro-yang-berpotensi-berbahaya-telah-diblokir-0952faa0-37e7-4316-b61d-5b5ed6024216, yang berbunyi makro yang berpotensi berbahaya telah diblokir. Saya baca dari awal hingga akhir, dan ternyata menemukan petunjuknya disitu

Penjelasan tentang Makro yang berpotensi berbahaya telah diblokir :

  1. Makro bisa memberikan manfaat di micosoft, tetapi sering digunakan oleh seseorang dengan niat tidak baik untuk mengirim malware kepada korban yang lengah.
  2. Makro tidak diperlukan untuk penggunaan sehari-hari seperti membaca atau mengedit dokumen di Word atau menggunakan buku kerja Excel. Biasanya, Anda dapat melakukan semua hal yang perlu dilakukan di Microsoft 365 tanpa mengizinkan makro berjalan.

Jika dalam penggunaan office dalam keseharian hanya membaca, menulis, mengedit dokumen di MS. Word, makro tidak diperlukan. Dan biasanya tanpa makro, kamu sudah bisa melakukan semua hal yang diperlukan.

Namun, jika kamu yakin file tersebut aman maka dapat melanjutkan cara agar makro tersebut bisa berjalan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka File Explorer Windows dan masuk ke folder tempat Anda menyimpan file.

2. Klik kanan pada file dan pilih Properties di menu paling bawah.

3. Di bagian bawah tab General, lalu centang opsi Unblock seperti tampak pada gambar di bawah dan pilih OK.


4. Lalu coba buka kembali file kamu tadi. Seharusnya sudah bisa terbuka. Selamat mencoba! 😉

Namun yang perlu menjadi catatan disini adalah bahwa kamu harus berhati-hati dalam membuka file semacam ini karena bisa saja file tersebut berpotensi bahaya untuk perangkat komputer/laptop kamu. Bisa saja orang yang ahli dalam membuat sebuah file excel namun disisipi oleh program atau kode yang bertujuan tidak baik seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Jika dirasa file tersebut berbahaya ada baiknya menghubungi pihak pembuat atau yang bertanggujawab atas file tersebut. Bisa jadi file itu sudah mengalami modifikasi oleh tangan kreatif yang tidak bertanggungjawab.
Intinya, selalu berhati-hati dan resiko ditanggung sendiri. Okey? 😉 

Posting Komentar untuk "Cara Membuka File Ecxel Dengan Fitur Makro Aktif yang Diproteksi (Terblokir)"