Manfaat Daun Katuk yang Populer di Masyarakat

Tentu kita sudah sering mendengar berita dari Judul di atas. Ya, daun katuk memang terkenal dapat memperlancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Karenanya, banyak yang mengkonsumsi daun katuk sebagai makanan agar si Bayi tidak kekurangan ASI.

Daun katuk sekarang selain bisa dikonsumsi secara langsung dari pohonnya, sudah banyak memproduksi dan dikemas dalam bentuk ekstrak kapsul, dengan berbagai macam merk. Jadi, bagi yang di daerahnya susah menemukan daun katuk, bisa tetap mengkonsumsi karena telah banyak beredar di toko-toko terdekat baik di apotik, ataupun toko-toko online.

Selain untuk memperlancar ASI, daun katuk memiliki banyak manfaat. Berikut ini dalah beberapa manfaatnya :

  • Membantu menjaga kadar gula darah
Bagi penderita diabetes atau kencing manis, daun katuk bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. 

  •   Mencegah Obesitas
Bagi seseorang yang berpotensi obesitas tinggi, sangat baik untuk mengkonsumsi daun katuk. Di beberapa media, diberitakan tentang studi yang menunjukkan bahwa kandung yang ada dalam daun katuk bersifat mengurangi pembentukan jaringan lemak dalam tubuh.

  • Mempercepat penyembuhan luka
Daun katuk mengandung anti oksidan dan anti bakteri yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Regenerasi jaringan baru akan lebih cepat diproduksi oleh karena manfaat dari kandungan antioksidan tersebut. Kemudian, antibakteri pada daun katuk dapat melawan bakteri yang menginfeksi luka pada penderita kencing manis atau diabetes.

  • Membantu mengatasi radang
Daun katuk bermanfaat juga untuk mengatasi peradangan akibat reaksi dari luka atau infeksi di dalam tubuh. 

  • Menjaga Imun dalam tubuh
Daun katuk mengandung unsur vitamin C di dalamnya yang dipercaya dapat menambah imun tubuh. Jika imun baik, maka tubuh akan lebih kuat melawan virus, bakteri atau hal yang dapat mengganggu kesehatan.

  • Menjaga kesehatan tulang
Daun katuk juga mengandung kalsium yang dipercaya baik dalam proses pertumbuhan tulang. Bagi anak-anak atau remaja, baik mengkonsumsi sayuran ini.

Demikianlah beberapa manfaat dari daun katuk yang biasa dijadikan makanan sayuran sehari. Bagi yang sedang mencari referensi obat dengan daun katuk, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Katuk yang Populer di Masyarakat"