Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2023



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua, Om swastiastu,
Namo buddhaya,
Salam kebajikan, Rahayu

Saudara saudariku, sebangsa dan setanah air,

Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadimya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadimya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bemalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadimya program-program Kampus Merdeka.
Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang  perguruan tinggi sekarang jauh  lebih terbuka.  Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga  telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. 

Selain  itu, mekanisme   Dana  Indonesiana  yang  fleksibel  dapat  mewadahi  gagasan-gagasan   kreatif para   seniman   dan   pelaku   budaya   sehingga   mampu   menghasilkan    karya-karya    hebat   yang mendukung  pemajuan  kebudayaan.

Saudara  saudariku,  mari kita ingat,  bahwa  bersama-sama   kita telah membuat  sejarah  baru dengan gerakan  Merdeka  Belajar.

Transformasi  yang masif ini sudah sepatutnya  dirayakan  dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya  adalah  hasil  dari  kerja  keras  dan kerja  sama  kita.  Hari  Pendidikan  Nasional  tahun  ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan   kembali  setiap tantangan  yang sudah dihadapi,  juga  setiap jengkal   langkah  berani  yang  sudah  diambil.  Dengan  merefleksikan   hal-hal yang telah kita lakukan  sepanjang  tiga tahun terakhir,  kita dapat merancang  arah perjalanan  kita ke depan guna memastikan  keberlangsungan   dan keberlanjutan  gerakan  Merdeka  Belajar.

Layar  yang  sudah  kita  bentangkan  jangan   sampai  terlipat  lagi.  Kita  semua,  para  pendidik   dan tenaga kependidikan,  seniman  dan pelaku  budaya, juga peserta  didik di seluruh  penjuru Nusantara, adalah  kapten  dari  kapal  besar  yang  bemama   Indonesia   ini.  Perjalanan   harus  kita  lanjutkan, perjuangan   mesti  kita  teruskan,   agar  semua  anak  bangsa  merasakan   kemerdekaan   yang  sebenar-benarnya  dalam belajar  dan bercita-cita.

Oleh  karena  itu,  mari  kita  semarakkan   hari  ini dengan  semangat  untuk  meneruskan   perwujudan Merdeka   Belajar,  mendidik   generasi  Pelajar  Pancasila   yang  cerdas  berkarakter,   dan  membawa Indonesia  melompat  ke masa  depan dengan pendidikan  yang memerdekakan.

Selamat  Hari Pendidikan  Nasional.

Terima  kasih,
Wassalamualaikum    warahmatullahi   wabarakatuh,
Om shanti shanti shanti om,
Namo buddhaya

Jakarta,  2 Mei 2023
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,


Nadiem ANwar Makarim

Download Suratnya di sini

Posting Komentar untuk "Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2023"