Persiapan Apa Saja dalam Menyambut Bulan Ramadhan Kali Ini?

Gambar dari Freepik.com

Ramdhan sudah dekat, sebagai muslim yang baik seharusnya sudah mulai mempersiapkan sejak dini. Bukan hanya persiapan fisik,tetapi juga amalan-amalan yang akan diperkuat di bulan suci nanti.

Puasa adalah rukun islam ketiga yang segala amal baik akan dilipat gandakan di bulan ramadhan ini, dan pastinya sangat diharapkan dari seluruh muslim di dunia.

Pada bulan penuh keberkahan ini mengajarkan agar kita menahan segala bentuk nafsu duniawi, seperti menahan lapar dan haus, amarah, dan menahan diri dari berbagai godaan. Semua ini dilakukan hanya untuk meraih predikat taqwa dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Sebelum memasuki bulan ramadhan, ada beberapa hal yang perlu kkita siapkan demi hikmat dan khusu'nya dalam menjalankan ibadah puasa. Juga untuk menambah kesempuranaan dalam ibadah kita. InsyaAllah!

Pertebal iman kita

Iman adalah dasar dari sebuah amalan perbuatan. Jika sebuah tindakan tidak didasari oleh keimanan, maka amalan itu perlu dipertanyakan. Jangan-jangan, hanya untuk sebuah tujuan yang tidak sebenarnya 😉

Persiapan Fisik atau Jasamani Kita

Bulan Puasa dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Ibadah memerlukan energi, dan energi didapat dari asupan makanan sehari-hari. Saat puasa, makan dan minum kita tidak seperti hari-hari biasa, oleh karenanya, fisik harus siap melakukan hal yang lebih dari hari-hari biasa demi tercapainya ibadah yang sempurna.

Persiapan Materi


Mengapa perlu menyisihkan sebagian harta kita di bulan suci ini? jawabannya karena amal yang besar manfaat dan tentu pahalanya adalah berbagi harta kepada orang lain, bersedekah, berinfak dan sejenisnya. Apalagi pahalanya dilipat gandakan. Siapa yang tidak berminat? 😉 

Persiapan Pemenuhan Kebutuhan Selama Ramadhan

Ini hanya optional saja. Karena sebelum berpuasa itu sunnahkan makan sahur, maka perlu mempersiapkan kebutuhan untuk makan sahur dan berbuka. Selebihnya Andalah yang mengetahui kebutuhan akan hal ini. Tidak perlu berlebihan, bahkan yang lebih baik lagi, berbagi makanan untuk berbuka puasa kepada orang lain.

Bayarlah Hutang Puasa di Tahun Lalu

Jika tahun lalu punya hutang puasa yang belum dilunasi karena sakit, atau alasan lain yang dibolehkan, maka lunasilah dahulu agar tenang dalam menjalankan puasa kali ini.

Perbanyak Istighfar

Dengan memperbanyak istighfar, maka ampunan akan dosa-dosa kita akan semakin lebar terbuka. Seperti dijelaskan dalam Al-Quran:
Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al- Anfal:33) 

Berharap Dosa Kita Diampuni

Bersyukur adalah cara terbaik kita dalam menyambut bulan penuh berkah ini, karena masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah spesial tahun ini. Artinya, Allah masih sangat menyayangi kita. Memberikan kesempatan kepada kita agar meraih kemulyaan dan ketaqwaan dariNya. Orang lain menyayangi kita saja sudah tentu membuat bahagia, apalagi sang pemilik manusia? 😭

Kiranya tulisan yang sedikit ini saya cukupkan dulu untuk sementara ini, semoga dilain waktu bisa kita lanjutkan dengan materi yang lebih bermanfaat.

Terakhir, semoga kita sampai dan bertemu kembali dengan bulan suci dan dapat optimal dalam menjalankan ibadahNya. Aminn..

Posting Komentar untuk "Persiapan Apa Saja dalam Menyambut Bulan Ramadhan Kali Ini? "