Download Software Hiren's BootCD Terbaru (Software Andalan Teknisi Komputer)

Apakah kamu sudah mengenal aplikasi yang satu ini? Atau baru mendengar? Yap! Hiren’s BootCD adalah termasuk aplikasi andalah saya sewaktu menjadi tukang serpis (sebut saja Teknisi) komputer waktu itu. Alasannya, aplikasi ini dapat di burning via CD bagi komputer yang memiliki CD-ROM dan juga dapat dijalankan melalui flashdisk.

Hiren, begitu saya menyebut aplikasi ini, adalah aplikasi bootable yang didalamnya berisi aplikasi atau software yag banyak diperlukan oleh para teknisi komputer atau buat kamu yang ingin memiliki aplikasi ini sebagai alat jika sewaktu-waktu komputer kamu bermasalah.

Saya pernah menggunakan Hiren ini untuk membackup dan memindahkan data di komputer saya yang Sistem Operasinya telah rusak. Jadi, tidak bisa masuk windows. Kalau langsung instal ulang, kawatir data-datanya ikut terhapus. Nah dengan software ini, kita bisa mengakses hardisk kita menggunakan windows XP mini PE yang ada di dalam Hiren’s yang sebelumnya sudah dimasukkan atau bahasa teknisinya di burning ke CD atau flashdisk. Jadi ada Sistem Operasi yang bisa kita akses lewat CD atau flashdisk yang telah kita buat tadi.

Web resmi Hiren’s adalah https://www.hiren.info namun sejak dirilis terakhir yaitu bulan November 2012, aplikasi ini sudah tidak dikembangkan lagi. Kabar baiknya, ada penggemar Hiren’s yang melanjutkan untuk mengembangkan software ini, dan dirilis dengan nama HBCDPE atau Hiren’s Boot CD PE. PE adalah kependekan dari Preinstallation Environment.

Bagusnya software ini adalah sudah ada mini Windows di dalamnya yang berbasis Windows 10 64bit. Jadi kita bisa menjalankan Windows hanya dengan Flashdisk, bisa browsing karena sudah banyak support driver termasuk kartu grafis, sound, dan wireless card sehingga bisa terhubung ke internet dengan wifi.

Untuk cara burning iso file Hiren’s ini bisa dilakukan denga aplikasi sejenis DVD burning seperti CDBurnerXP (https://cdburnerxp.se/downloadsetup.exe) atau Ultra Iso Premium. Jika ingin booting lewat flashdisk, saya lebih suka menggunakan Ventoy (ventoy.net). Jika ada kesempatan akan saya bahas mengenai aplikasi Ventoy ini. Atau bisa juga menggunakan aplikasi yang disediakan di web download Hirens nya, menggunakan disini https://www.hirensbootcd.org/usb-booting/ menggunakan aplikasi ISO2USB.

Baik, tanpa berlama-lama lagi silahkan unduh software Hiren’s ini melalui link resmi pembuatnya di https://www.hirensbootcd.org/download/. Ukuran filenya lumayan besar, sekitar 3,2 GB jadi siapkan kuota internet yang cukup atau gunakan wifi tetangga juga boleh dengan syarat harus ijin terlebih dahulu 😊

Demikian pembahasan artikel kali ini tentang Hiren’s Boot CD, semoga bermanfaat. Support blog saya dengan share postingan ini ke banyak tempat 😉 terimakasih…

Cek penampakan Softwarenya di Video saya ini, iso Hiren nya saya jalan lewat Virtual Box.



Posting Komentar untuk "Download Software Hiren's BootCD Terbaru (Software Andalan Teknisi Komputer)"