Menu Berbuka Puasa yang Murah dan Mudah Didapat

Menu Berbuka Puasa yang Murah dan Mudah Didapat
Gambar dari Freepik.com

Berbuka adalah hal wajib setelah berpuasa. Orang-orang biasanya mencari menu berbuka puasa yang murah dan enak. Berburu takjil sambil menunggu waktu berbuka adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh warga muslim Indonesia. Seperti diketahui bahwa takjil adalah makanan berbuka yang bersifat menyegarkan, ambil contoh saja kolak, bubur, yang identik dengan rasa manis dan menyegarkan. Jadi wajar jika seorang muslim mencari menu berbuka dengan menu yang menyegarkan. Walaupun dalil yang mengatakan bahwa "berbukalah dengan yang manis" itu oleh sebagian besar ulama disebut sebagai dalil yang lemah, namun tetap saja kebanyakan orang akan mencari dan bahkan memakan/minum diawal berbuka dengan sesuatu yang manis. Nah, apa saja sih menu berbuka puasa yang murah, segar, mudah didapat dan yang paling penting halal dan sehat? Simak artikel kali ini sampai akhir ya.. 😊

Sebelum kita bahas tentang menu berbuka puasa, bolehlah sedikit kita singgung tentang kebiasaan ngabuburit. Apa sih pengertian ngabuburit? Ngabuburit adalah kegiatan mengisi waktu antara saat berbuka puasa dan saat shalat magrib (shalat petang). Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa dan memperoleh waktu untuk beristirahat sejenak.

Ngabuburit bisa berupa berbagai aktivitas, seperti membaca, berolahraga, berkebun, bekerja, berkumpul dengan keluarga dan teman, atau menonton film. Namun, pastikan bahwa aktivitas yang dilakukan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Ngabuburit juga menjadi waktu yang baik untuk berdoa dan memperbanyak ibadah lainnya. Ini merupakan kesempatan untuk memperkuat iman dan spiritual selama bulan Ramadhan.

Kalau untuk tempat ngabuburit yang sih macem-macem. Beda orang beda selera juga ya kan? Bisa jadi salah satu dari yang di bawah ini:

  1. Rumah - Tentu saja rumah adalah tempat paling nyaman untuk berbuka puasa bersama keluarga.
  2. Masjid - Beberapa masjid menyediakan tempat untuk berbuka puasa bersama dengan saudara muslim lainnya.
  3. Restoran - Banyak restoran yang menyediakan paket makan sahur dan berbuka puasa dengan berbagai menu pilihan.
  4. Taman - Tempat taman yang indah dan sejuk dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa sambil menikmati suasana alam.
  5. Mall - Mall biasanya memiliki banyak pilihan makan dan juga memiliki berbagai kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan setelah berbuka puasa.
  6. Kafe - Beberapa kafe juga menyediakan paket makan berbuka puasa dengan menu yang lezat.
Sedangkan menu berikut ini adalah yang cocok untuk dicari karena murah dan lekat dilidah orang Indonesia 😉

  1. Nasi goreng - Nasi goreng adalah makanan yang mudah ditemukan dan cukup murah. Dapat dibuat dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, ayam, dan sayuran.
  2. Bubur ayam - Bubur ayam merupakan makanan lezat dan murah yang dapat ditemukan dengan mudah. Dapat ditambah dengan bumbu dan sayuran seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.
  3. Mie goreng - Mie goreng adalah makanan murah dan lezat yang mudah ditemukan. Dapat dibuat dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, ayam, dan sayuran.
  4. Sup sayur - Sup sayur adalah makanan yang mudah dibuat dan murah. Dapat dibuat dengan berbagai sayuran seperti wortel, kol, dan jagung.
  5. Martabak - Martabak adalah makanan populer di Asia dan dapat ditemukan dengan mudah. Dapat dibuat dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, daging, dan sayuran.
  6. Sambal goreng tempe - Sambal goreng tempe adalah makanan yang lezat dan murah yang dapat ditemukan dengan mudah. Dapat dibuat dengan bahan dasar tempe dan bumbu sambal.
  7. Kue-kue - Kue-kue seperti klepon, onde-onde, dan bakwan adalah makanan murah dan lezat yang dapat ditemukan dengan mudah.
Semua makanan ini dapat ditemukan dengan mudah dan cukup murah, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa.

Bagaimana, sampai disini apakah sudah punya pilihan untuk persiapan bulan puasa nanti? 😅



Posting Komentar untuk "Menu Berbuka Puasa yang Murah dan Mudah Didapat"