Berita Gembira! Sekarang Nomor Handphone yang Sudah Hangus Bisa diaktifkan Kembali

Kabar tentang hal ini sudah diterbitkan sejak awal tahun 2022, namun baru sempat saya review sekarang.

Sudah tentu berita ini membawa keceriaan tersendiri buat Anda yang masih menginginkan memakai nomor handphone (HP) yang telah hangus oleh sebab kelalaian. Mungkin terlupa tidak mengisi ulang hingga batas masa tenggang, bisa juga karna kurang pemahaman dengan cara kerja salah satu aplikasi, sebut saja Whasapp. Nomor kontak Whatsapp (wa) yang aktif tetapi menggunakan nomor lain untuk layanan data sehingga yang diisi ulang pulsa adalah nomor yang digunakan untuk paket data, bukan nomor wa yang aktif. Sehingga nomor wa yang seharusnya selalu aktif malah hangus. Sebenarnya tidak masalah selama aplikasi wa kita tidak dihapus. Namun jika harus menginstal ulang aplikasi Whatsapp kembali, tidak akan bisa mengirim OTP ke nomor kita. Setidaknya, begitulah pengalaman yang pernah saya alami.

Tanpa berpanjang kata, beginilah caranya untuk mengecek apakah kartu hangus kita masih bisa direaktivasi kembali atau tidak. Silakan panggil *888*89# dengan catatan kartu yang akan direaktivasi terdapat di dalam gadget Anda. kemudian akan muncul notif bisa atau tidaknya proses reaktivasi.

Pesan jika kartu tidak bisa di reaktivasi


Dan di bawah ini adalah cuplikan berita dari telkomsel.com

Q: Apa itu proses reaktivasi kartu prabayar?
A: Reaktivasi kartu prabayar adalah sebuah cara untuk mengaktifkan kembali nomor pelanggan yang telah hangus/mati/expired.

Q: Apa yang dimaksud dengan nomor hangus/mati/expired?
A: Nomor hangus/mati/expired adalah nomor Telkomsel PraBayar yang telah melewati batas hari terakhir masa tenggang. Ketika Anda tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket pada masa tenggang, nomor Anda melewati hari terakhir masa tenggang dan kemudian hangus/expired.

Q: Apa itu masa tenggang/grace period?
A: Periode masa tenggang/grace period adalah periode setelah masa berlaku pulsa atau paket habis. Jika nomor Anda memasuki masa tenggang, Anda harus mengisi ulang pulsa atau membeli paket untuk memperpanjang masa aktif kartu/nomor Telkomsel PraBayar yang digunakan.

Q: Apa yang akan terjadi jika saya tidak mengaktifkan kembali nomor yang hangus?
A: Jika Anda tidak mengaktifkannya kembali, maka Anda tidak dapat menggunakan nomor Anda kembali dan data Anda akan terhapus oleh sistem setelah melewati periode waktu yang telah ditentukan oleh Telkomsel.

Q: Apa saja kriteria pelanggan yang dapat mengaktifkan kembali nomornya yang telah hangus?
A: - Pengguna kartu Telkomsel PraBayar.
     - Status kartu saat ini belum melewati periode waktu yang telah ditentukan oleh Telkomsel.
     - Kriteria lain yang ditentukan oleh Telkomsel.

Q: Apa saja yang harus saya siapkan untuk mengaktifkan kartu yang hangus?
A: Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah:
KTP dan Kartu Keluarga yang sebelumnya didaftarkan pada nomor Anda.
Kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan kembali.

Q: Apakah mengaktifkan kembali kartu yang telah hangus akan dikenakan tarif?
A: Sejauh ini Telkomsel tidak mengenakan tarif kepada pelanggan, tetapi kami menganjurkan pelanggan untuk langsung melakukan isi ulang pulsa atau paket minimal Rp10.000 agar masa aktif nomor Anda langsung diperpanjang setelah nomor berhasil diaktifkan kembali.

Q: Apakah setelah nomor aktif, sisa pulsa, Telkomsel Poin, dan bonus pada kartu masih dapat digunakan?
A: Setelah nomor yang hangus diaktifkan kembali, sisa pulsa, Telkomsel Poin, dan bonus yang sebelumnya Anda miliki tidak akan dapat digunakan lagi.

Q: Jika proses reaktivasi melalui *888*89# gagal dengan pesan “Maaf, menu reaktivasi ini hanya tersedia untuk nomor hangus. Silahkan cek status kamu di *888#”, dan saat cek *888# muncul pesan “Status nomor kamu hangus”, apa yang harus saya lakukan?
A: Jika Anda mengalami hal ini, silakan hubungi Call center 188 atau kunjungi GraPARI terdekat untuk proses reaktivasi kartu Telkomsel PraBayar Anda.

Q: Setelah nomor PraBayar yang direaktivasi aktif, apakah ada perubahan tarif?
A: Ya, tarif yang berlaku akan berubah ke tarif dasar/basic modern sesuai dengan kebijakan Telkomsel. Cek skema tarif/price plan dapat dilakukan melalui *888#, lalu pilih menu "Cek Kuota", kemudian pilih "Cek Skema Tarif".

Penjelasan melalui video simak disini:


Demikian informasi terkait reaktivasi nomor ponsel yang hangus dari telkomsel, semoga membawa kabar baik bagi yang selama ini masih menginginkan kartu lamanya kembali aktif. Tinggalkan pesan untuk kita sharing atau saling menyapa 😉


Posting Komentar untuk " Berita Gembira! Sekarang Nomor Handphone yang Sudah Hangus Bisa diaktifkan Kembali"